2. Masalah Penjualan
MASALAH PENJUALAN
Pengertian Penjualan adalah sebuah
usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk, baik
itu berupa barang ataupun jasa, dari produsen kepada konsumen sebagai
sasarannya dengan mengharapkan keuntungan dari hasil penjualannya
Penjualan
merupakan pendapatan utama perusahaan karena jika aktivitas penjualan produk
maupun jasa tidak di kelola dengan baik maka secara langsung dapat merugikan
perusahaan.
Macam-macam
transaksi penjualan :
1. Penjualan
tunai
Adalah
penjualan yang bersifat cash dan carry pada umumnya terjadi secara kontan
2. Penjualan
kredit
Adalah
penjualan dengan tenggang waktu rata-rata diatas satu bulan
3. Pejualan
tender
Adalah
penjualn yang dilaksanakan melalui prosedur tender untuk memegang tender selain
harus memenuhi berbagai prosedur.
4.
Penjualan eksport
Adalah
penjualan yang dilaksanakan dengan pihak pembeli luar negeri yang mengimpor
barang tersebut
5. Penjualan
grosir
Adalah
penjualan yang tidak langsung kepada pembeli, tetapi melalui grosir atau
eceran.
Tujuan
penjualan :
- Mencapai
volume penjualan tertentu
- Mendapatkan
laba tertentu
- Menunjang
pertumbuhan perusahaan
Langkah –
langkah dalam proses penjualan :
- Memilih
prospek dan menilai
Langkah pertama dalam proses penjualan memilih prospek yaitu
mencari siapa yang dapat masuk sebagai pelanggan potensial. Penjual perlu
mengetahui calon pembeli yang baik dan menyisihkan calon pembeli yang tidak
baik. Prospek dapat dinilai dengan meneliti kemampuan keuangan, volume bisnis,
kebutuhan spesial, dan lokasi.
-
Prapendekatan
Sebelum
mengunjungi seorang calon pembeli tenaga penjual sebaiknya mempelajari
sebanyak mungkin mengenai ( apa yang dibutuhkan, siapa yang terlibat dalam
pembelian ).
-
Pendekatan
Penjual
sebaiknya mengetahui caranya bertemu dan menyapa pembeli serta menjalin
hubungan menjadi awal yang baik.
-
Presentasi dan demontrasi
- Mengatasi
keberatan
- Menutup
- Tindak
lanjut
Faktor –
faktor yang mempengaruhi penjualan :
- Kondisi
dan kemampuan penjual
- Kondisi
pasar
- Modal
- Kondisi
organisai perusahaan
- Faktor
lain
Jenis-Jenis Penjualan:
- Trade Selling
- Missionary Selling
- Technical Selling
- New Business Selling
- Responsive Selling
Referensi :
http://gofaztrack.com/sales/memahami-dasar-dan-pengertian-penjualan/
Post a Comment