2. Masalah Penjualan


MASALAH PENJUALAN

Pengertian Penjualan adalah sebuah usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk, baik itu berupa barang ataupun jasa, dari produsen kepada konsumen sebagai sasarannya dengan mengharapkan keuntungan dari hasil penjualannya
Penjualan merupakan pendapatan utama perusahaan karena jika aktivitas penjualan produk maupun jasa tidak di kelola dengan baik maka secara langsung dapat merugikan perusahaan.
Macam-macam  transaksi penjualan :
1. Penjualan tunai
Adalah penjualan yang bersifat cash dan carry pada umumnya terjadi secara kontan

2.  Penjualan kredit
Adalah penjualan dengan tenggang waktu rata-rata diatas satu bulan
3. Pejualan  tender
Adalah penjualn yang dilaksanakan melalui prosedur tender untuk memegang tender selain harus memenuhi berbagai prosedur.

4. Penjualan eksport
Adalah penjualan yang dilaksanakan dengan pihak pembeli luar negeri yang mengimpor barang tersebut

5. Penjualan grosir
Adalah penjualan yang tidak langsung kepada pembeli, tetapi melalui grosir atau eceran.

Tujuan penjualan :
-  Mencapai volume penjualan tertentu
-  Mendapatkan laba tertentu
- Menunjang pertumbuhan perusahaan

Langkah – langkah dalam proses penjualan :
- Memilih prospek dan menilai
      Langkah  pertama dalam proses penjualan memilih prospek yaitu  mencari siapa yang dapat masuk sebagai pelanggan  potensial. Penjual perlu mengetahui calon pembeli yang baik dan menyisihkan calon pembeli yang tidak baik. Prospek dapat dinilai dengan meneliti kemampuan keuangan, volume bisnis, kebutuhan spesial, dan lokasi.

- Prapendekatan
   Sebelum mengunjungi seorang calon  pembeli tenaga penjual sebaiknya mempelajari sebanyak mungkin mengenai ( apa yang dibutuhkan, siapa yang terlibat dalam pembelian ).

- Pendekatan
    Penjual sebaiknya mengetahui caranya bertemu dan menyapa pembeli serta menjalin hubungan menjadi awal yang baik.
- Presentasi dan demontrasi
- Mengatasi keberatan
-  Menutup
- Tindak lanjut

Faktor – faktor yang mempengaruhi penjualan :
- Kondisi dan kemampuan penjual
- Kondisi pasar
- Modal
- Kondisi organisai perusahaan
- Faktor lain 

Jenis-Jenis Penjualan:
  1. Trade Selling
  2. Missionary Selling
  3. Technical Selling
  4. New Business Selling
  5. Responsive Selling
Referensi :
http://gofaztrack.com/sales/memahami-dasar-dan-pengertian-penjualan/


Tidak ada komentar