SOFTSKILL SURAT dan CV
BAHASA INDONESIA
“SURAT MENYURAT DAN CURRICULUM
VITAE”
NAMA :
1. Ahmad Fauzan
2. Alifa
Rasmi Pramudita
3. Anggyta
Ayu Widuri
4. Meliyanny
5. Novi
Aprisna Sampeako
6. Reza
Hana Partiwi
7. Wahyu
Gunawan
KELAS :
3EB03
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat, rahmat, taufik dan
hidayahNya yang tiada terkira besarnya, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah ini. Makalah ini disusun untuk memenuhi
tugas Bahasa Indonesia.
Dalam
penyusunannya, kami memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karenai itu
kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah
memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah
semua kesuksesan berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan
dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi untuk masa mendatang, seperti
yang telah kita ketahui tak ada gading yang tak retak begitu pula dengan kami,
maka dari itu kami sangat membutuhkan saran dan kritik yang membangun dari
semua pihak.
Atas
perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.
Jakarta, 11 Januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar……………………………………………………………………………………..i
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………..ii
Bab I Pendahuluan……………………………………………………………………………….1
1.1 Latar
Belakang………………………………………………………………………...1
1.2 Identifikasi
Masalah…………………………………………………………………...2
1.2.1 Surat-Menyurat………………………………………………………………….2
1.2.2 Curiculum
Vitae…………………………………………………………………2
1.3 Tujuan…………………………………………………………………………………2
Bab II
Pembahasan………………………………………………………………………………..4
2.1 Pengertian Surat……………………………………………………………………….4
2.2 Fungsi Surat…………………………………………………………………………...4
2.3 Jenis-Jenis Surat……………………………………………………………………….5
2.3.1 Surat
Dinas………………………………………………………………………5
2.3.2 Surat
Niaga……………………………………………………………………..16
2.3.3 Surat
Pribadi……………………………………………………………………27
2.4 Dasar Surat-Menyurat………………………………………………………………..27
2.4.1
Ciri-Ciri Bahasa Surat………………………………………………………….27
2.4.2
Penggunaan Tata Bahasa Dalam Surat-Menyurat……………………………...28
2.5 Curriculum Vitae……………………………………………………………………..29
Bab III
Simpulan…………………………………………………………………………………34
Daftar
Pustaka……………………………………………………………………………………35
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan
sehari-hari, kita selalu melihat seseorang menggunakan alat komunikasi untuk
dapat berhubungan dengan seseorang yang dikehendakinya. Seiring dengan
pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi dari tahun ke
tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan di lingkungan masyarakat
Indonesia. Orang-orang dulu tidak secanggih dengan orang-orang di jaman
sekarang.
Apabila kita mengamati secara detail,
ada beberapa perbedaan yang membedakan antara orang-orang jaman dahulu dan
jaman sekarang. Salah satu diantaranya dalam perbedaan cara berkomunikasi
dengan sesama atau dengan kerabat kita. Dahulu sangat sulit kita berkomunikasi
dengan kerabat kita yang jauh disana tetapi jaman sekarang kalaupun kerabat
kita sangat jauh, kita masih dapat berkomunikasi dengan mudahnya yaitu kita
menggunakan salah satu contoh alat komukasi yaitu telepon genggam, gadget yang satu ini sangat
menonjol di jaman sekarang di bandingkan dengan gadget-gadget yang lain. Coba
kita liat di jaman dahulu, orang-orang hanya mengandalkan selembar kertas untuk
bisa berkomunikasi dengan kerabatnya yang berada jauh disana yaitu dengan surat
menyurat, walaupun masih sedikit orang yang menggunakan surat, tetapi surat
merupakan suatu alat komunikasi yang ada di jaman dahulu.
Untuk mendapatkan
suatu perkerjaan di kantor atau di instansi, kita harus mengajukan permintaan atau
permohonan ke bagian ke pegawaian. Permohonan itu tidak disampaikan secara
lisan tetapi secara tertulis dalam bentuk suatu surat lamaran kerja. Perubahan
dan kemajuan teknologi membawa dampak terhadap segala bidang. Termasuk pula
pada tata cara pembuatan dan pengiriman surat lamaran kerja. Wujud surat
lamaran kerja semakin beragam dan pembuatannya cenderung semakin praktis.
Meskipun demikian, ada prinsip-prinsip serta unsur-unsur pokok dari surat
lamaran kerja yang tetap di pertahankan.
Untuk memberi
pertimbangan dalam membuat jawaban dari suatu perusahaaan, pelamar melampirkan
sejumlah berkas dalam surat lamaran kerja tersebut. Salah satu berkas yang
sangat penting dan selalu diminta adalah daftar riwayat hidup atau CV (Curiculum
Vitae). Oleh karena itu, selain mampu menyusun surat lamaran, di harapkan kita
sebagai orang yang tidak tahu apa-apa dapat menulis lampirannya dengan baik dan
benar.
CV akan selalu
digunakan untuk siapa saja yang hendak melamar suatu perkerjaan karena CV
adalah bagian dari salah satu syarat yang harus dipenuhinya agar si pelamar
dapat di terima atau gagal. Jadi kita sebaiknya jangan terlalu meremehkan
tentang keberadaan CV ini. Makalah ini kami buat agar masyarakat dapat memahami
dan tahu bagaimana tentang CV itu karena tanpa CV, si pelamar kerja kemungkinan
diterima sangat kecil karena ini adalah bagian dari persyaratan dari suatu
perusahaan kepada seseorang yang hendak melamar kerja.
1.2
IDENTIFIKASI MASALAH
1.2.1
SURAT MENYURAT
Makalah ini kami akan membahas
bagaimana dasar surat-menyurat, membedakan bahasa yang digunakan pada surat
dinas dan surat niaga dengan surat pribadi.
1.2.2
CURRICULUM VITAE
Makalah ini kami akan membahas
dasar penulisan curriculum vitae yang
benar sebagai lampiran dalam membuat surat lamaran pekerjaan.
1.3
TUJUAN
Surat adalah suatu
alat komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang ke
seseorang yang di kehendakinya. Banyak terdapat kesalahan yang sering kita
temui dalam hal penulisan surat tersebut. Makalah ini dibuat untuk mengetahui
tata cara pembuatan surat yang baik dan benar dan juga kita dapat
membedakan antara surat resmi dan surat tidak resmi, ambil suatu contoh ketika
seseorang membuat surat lamaran pekerjaan yang di harapkan pada saat kita membuat
surat lamaran tersebut, kita tidak lagi mengalami kesulitan.
Tujuan seseorang
menulis surat adalah sebagai bentuk alat komunikasi yang isinya berupa tulisan,
informasi, pesan, pertanyaan atau tanggapan sesuai dengan keinginan penulis
surat tersebut. Di samping sebagai sarana komunikasi, surat juga mempunyai
fungsi lain, yaitu sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan
lawan bicaranya. Oleh karena itu, ada yang berpendapat bahwa surat merupakan
gambaran mentalitas pengirim. Surat juga terbagi dua jenis yaitu surat resmi
dan surat tidak resmi dan di makalah ini akan di bahas bagaimana seseorang
membedakan suatu jenis surat.
CV atau biasa yang
kita kenal Curiculum Vitae ini bermaksud untuk membantu si pelamar
kerja mendapatkan suatu pekerjaan karena di dalam CV ini terdapat hal-hal
tentang diri seseorang pelamar dari ia baru lahir hingga sekarang, istilahnya
CV itu dianggap perjalanan hidup dari seseorang tersebut dari dulu hingga
sekarang.
Maksud seseorang
membuat CV antara lain bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat untuk
mendapatkan pekerjaan karena tanpa adanya CV, si pelamar pekerjaan belum tentu
bisa mendapatkan pekerjaan karena belum memenuhi syarat, maka dari itu CV ini
sangat perlu diperhatikan baik dalam penulisannya karena bersifat informasi
yang penting dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang. Makalah ini dibuat,
untuk memahami dan mengetahui bagaimana bentuk dari CV tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN SURAT
Surat
adalah lembaran kertas yang memuat bahan komunikasi atau informasi yang
disampaikan oleh satu pihak kepada pihak yang lain, baik atas nama pribadi
maupun atas nama organisasi atau kantor. Komunikasi melalui media surat masih
dianggap paling efektif dan ekonomis walaupun sudah banyak alat-alat komunikasi
yang canggih seperti handphone, radio,
dan televisi karena selain biayanya sangat murah juga informasi yang sampai ke
komunikan sesuai dengan sumbernya.
2.2 FUNGSI SURAT
Selain
sebagai alat komunikasi, surat juga berfungsi sebagai berikut.
a. Alat
bukti tertulis
Surat dapat dijadikan sebagai bukti
tertulis jika terjadi perselisihan atar organisasi atau perusahaan atau antar
orang-orang yang telah mengadakan hubungan surat-menyurat.
b. Alat
pengingat
Surat dapat dipakai untuk
mengetahui hal-hal yang telah lama disepakati atau disetujui bersama.
c. Bukti
historis
Surat dapat dijadikan sebagai bahan
riset atau penelitian untuk mengetahui aktivitas organisasi atau perusahaan di
masa yang lalu.
d. Duta
organisasi
Surat dapat mencerminkan kondisi
intern dari suatu organisasi atau perusahaan.
e. Pedoman
Surat dapat dijadikan pedoman dalam
melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan.
f. Sarana
promosi
Surat dapat dijadikan saran promosi
suatu perusahaan, karena biasanya pada surat resmi tercantum pada kepala surat
mengenai identitas perusahaan.
2.3 JENIS-JENIS SURAT
2.3.1
Surat Dinas atau Resmi
Surat dinas adalah surat yang
isinya mengenai administrasi pemerintah yang dibuat oleh lembaga pemerintah.
Surat dinas disebut juga surat resmi karena dikeluarkan oleh instansi
pemerintah, sehingga dalam penulisan suratnya ada korelasi antara peraturan
pemerintah yang telah ditetapkan dengan peraturan yang telah diputuskan oleh
masing-masing departemen. Yang termasuk surat dinas adalah sebagai berikut.
a. Surat pemberitahuan
Surat pemberitahuan adalah surat
yang berisi pemberitahuan kepada semua anggota lingkungan agar mereka
mengetahui tentang apa yang perlu diketahui.
Perhatikan contoh surat
pemberitahuan berikut.
b. Surat
undangan
Surat undangan adalah surat
pemberitahuan yang sifatnya mengharapkan kehadiran seseorang atau sekelompok
orang untuk berpartisipasi dalam suatu acara tertentu ditempat dan pada waktu
tertentu.
Undangan menurut kepentingannya ada
tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1) Undangan
resmi, dipakai untuk keperluan resmi.
2) Undangan
setengah resmi, biasanya dibuat untuk perkumpulan keluarga, perkumpulan,
arisan, dan lain-lain.
3) Undangan
tidak resmi/undangan pribadi adalah undangan yang dibuat oleh perseorangan
untuk keperluan dirinya sendiri.
Perhatikan contoh surat undangan
resmi berikut.
c. Surat
kuasa
Surat kuasa adalah surat yang berisi
pelimpahan wewenang kepada seseorang atau pejabat yang dapat dipercaya untuk
bertindak mewakili orang yang memberi kuasa karena orang yang bersangkutan
tidak dapat melaksanakan sendiri.
Perhatikan contoh surat kuasa
berikut.
d. Surat
keterangan
Surat keterangan adalah surat yang
isinya menerangkan tentang aktivitas seseorang atau sesuatu hal. Menurut
kepentingannya, surat keterangan dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu.
1) Surat keterangan biasa adalah
surat yang diberikan kepada seseorang yang isinya menerangkan tentang kegiatan
sebagai warga masyarakat ditengah kesibukan sehari-hari.
2) Surat referensi adalah surat
keterangan dari pihak ketiga, yang berisi penilaian mengenai kepribadian,
kelayakan, keahlian, dan kualifikasi pihak I
yang bersifat rahasia, untuk kepenting pihak II.
3) Surat rekomendasi adalah surat
keterangan dari pemimpinan perusahaan yang diberikan kepada pihak I berisi
data-data kepribadian yang positif, yang sudah diketahui terlebih dahulu
daripada pihak II.
4) Surat pernyataan adalah surat yang
berisi pernyataan mengenai keadaan seseorang atau instansi yang ditulis dengan
sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Perhatikan contoh surat referensi
dagang berikut.
Perhatikan contoh surat rekomendasi berikut.
Perhatikan contoh surat pernyataan berikut.
e. Surat
memo dan nota dinas
Surat memo merupakan singkatan dari
memorandum yang berasal dari kata memory (bahasa inggris) yang berarti ingatan
menyangkut informasi bersifat mengingat, yang isinya berupa berita singkat
mengenai perintah, pertanyaan, dan permintaan. Nota dinas merupakan berita
singkat yang isinya berupa surat peringatan, penunjukkan, atau keterangan
secara resmi (dinas), bertujuan agar isi yang tercantum didalamnya mendapatkan
perhatian sepenuhnya dan dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung
jawab.
Perhatikan contoh surat memo
berikut.
f. Surat
edaran
Surat edaran (sirkuler) adalah
surat yang dibuat untuk memberitahukan sesuatu, yang ditunjukan kepada beberapa
orang/kantor atau kepada banyak pihak.
Perhatikan contoh surat edaran
berikut.
g. Surat
pengantar
Surat pengantar adalah surat untuk
mengantar sesuatu dengan maksud agar orang yang menerimanya mengetahui maksud
sesuatu yang diterimanya.
Perhatikan contoh surat pengantar
berikut.
h. Surat
perintah
Surat perintah adalah surat yang
dikeluarkan oleh suatu instansi/pihak yang lebih tinggi yang ditujukan kepada
instansi/pihak yang lebih rendah (bawahan) agar bawahan itu berbuat sesuatu
atau tidak berbuat sesuatu sebagaimana dijelaskan dalam surat perintah.
Perhatikan surat perintah berikut.
i.
Surat instruksi
Surat instruksi adalah surat yang
berisi perintah dan petunjuk-petunjuk yang bersumber pada peraturan dan
kebijaksanaan pimpinan.
Perhatikan contoh surat intruksi
berikut.
j.
Surat tugas
Surat tugas adalah surat yang
datang dari pihak lebih tinggi/pejabat untuk menugaskan kepada bawahan agar
melakukan pekerjaan tertentu.
Perhatikan contoh surat tugas
berikut.
2.3.2
Surat Niaga
Surat niaga
digunakan seseorang atau organisasi perusahaan untuk menyampaikan berita informasi
yang berhubungan dengan perniagaan. Dunia niaga atau bisnis adalah dunia yang
penuh kesibukan di mana waktu adalah uang dan dalam bertindak akan selalu
berdasarkan efisiensi atau efektivitas. Seringkali sebuah berita yang
dituangkan dalam surat akan lebih efektif dan tepat sasaran karena memuat
data-data penting yang akurat, jika dibandingkan berita tersebut disampaikan
melalui telepon atau lisan.
a.
Surat perkenalan
Surat yang isinya memperkenalkan hasil produksi suatu perusahaan dengan keterangan yang
lengkap dari penjual yang ditujukan kepada calon pembeli. Perhatikan contoh
surat perkenalan berikut.
CV JAYA ABADI
DISTRIBUTOR BUKU DAN ALAT – ALAT TULIS
JL. Paradiso no. 46, Kota Purwokerto
__________________________________________________________
No. : 20/PWK/05/2015
1 Mei 2015
Lamp. : –
Hal : Perkenalan Usaha
Kepada Yth.
Kepala Sekolah Internet
J l. Gajah Mada no. 54
Purwokerto
Dengan hormat,
Dalam rangka menunjang kelancaran penyediaan kebutuhan buku pelajaran
dan alat tulis kantor di lingkungan lembaga pendidikan formal maupun non
formal. Dengan ini kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah perusahaan yang
bergerak dibidang penyaluran buku – buku pelajaran dari berbagai penerbit
serta alat tulis kebutuhan sekolah. Hingga saat ini telah melayani 200
sekolah di berbagai kota di Pulau Jawa baik sekolah negeri maupun sekolah
swasta. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan
datang dapat membantu menyediakan pasokan buku – buku pelajaran, buku tulis,
dan alat – alat tulis kebutuhan sekolah yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga
dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.
Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap
dapat membantu penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis. Atas
perhatian Bapak kami ucapka terima kasih.
Hormat kami,
Direktur
|
b.
Surat permintaan penawaran
Surat permintaan penawaran adalah surat yang dibuat oleh
calon pembeli yang dikirimkan kepada penjual yang isinya tentang permintaan
informasi mengenai harga, syarat jual beli dan katalog dari barang atau jasa
tertentu yang dibutuhkan. Perhatikan contoh surat permintaan penawaran berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang
No. 100/PP/IX/12
29 September 2012
Yth. Manajer Pemasaran PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal : Permintaan Penawaran
Dengan hormat,
Berkenaan dengan tahun anggaran 2012 tersedia anggaran untuk
pembelian komputer.
Dari salah seorang relasi, kami memperoleh keterangan bahwa
perusahaan Saudara bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan mesin kantor
yang berkualitas baik.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami meminta agar Saudara
mengalatan dan dirimkan surat Penawaran mengenai peralatan dan perlengkapan
komputer, disertai keterngan –
keterangan sebagai berikut :
1. Syarat pembayaran.
2. Syarat penyerahan barang.
3. Potongan harga yang
diberikan.
4. Jumlah barang yang
tersedia.
5. Layanan purna jual.
Disamping itu, kami minta dikirim leaflet, katalog dan brosur barang
tersebut.
Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat
kami,
Eka Lilis Suhandayani
Direktur Utama
|
c.
Surat penawaran
Surat penawaran adalah surat dari penjual kepada calon
pembeli yang berisi penawaran barang atau jasa. Perhatikan contoh surat
penawaran berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang
No. 101/UM/IX/12 30 September 2012
PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Perihal : Penawaran Mesin
Kantor
Dengan hormat,
Surat permintaan penawaran Saudara No.
100/PP/XI/12 tertanggal 29 September 2012 telah kami terima, maka dengan ini
kami menawarkan barang – barang dibawah ini secara bebas :
A. 1. Mesin Fotocopy merek Xerox Rp. 8.000.000
2. Mesin Fotocopy merek Xerox
Rp. 10.000.000
B. 1. Komputer merek
Zyrex Rp. 8.500.000
2. Komputer merek Toshiba Rp. 8.000.000
Sambil menunggu pesanan Saudara, kami ucapkan
terima kasih.
Hormat
kami,
Eka
Lilis suhandayani
Direktur
utama
|
|||
|
d.
Surat pesanan
Surat pesanan adalah surat yang isinya memesan barang / jasa
tertentu dari pembeli kepada penjual. Perhatikan contoh surat pesanan berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl.
Soedirman No.18
Palembang
No.
101/UM/IX/12 01 Oktober 2012
PT.
Usaha Tirta Jaya
Jl.
Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal
: Pesanan Barang
Dengan
hormat,
Berdasarkan
informasi dari salah seorang karyawan bagian pemasaran, kami ingin memesan
barang – barang sebagai berikut :
7
unit filling cabinet 3 laci merek Lion
8
unit kalkulator merek Casio tipe S.2120
5
unit komputer merek Toshiba
Mengenai
pembayaran akan segera akan kami kirimkan setelah barang tersebut kami
terima.
Atas
perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Eka
Lilis Suhandayani
Manajer
Perbekalan
|
e.
Surat konfirmasi pesanan
Surat konfirmasi pesanan merupakan data yang diisi oleh
penjual berdasarkan surat pesanan atau via telepon dari pemesan, tentang
pesanan yang terdiri dari nama barang, jumlahnya, harga dan syarat jual beli
lainnya, seperti tempat penyerahan, waktu penyerahan, cara pembayaran.
Perhatikan contoh surat konfirmasi pesanan berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang
No. 102/UM/IX/12 02 Oktober
2012
PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal : Konfirmasi Pesanan
Alat – Alat Elektronik
Dengan hormat,
Terima kasih atas pesanan Anda pada tanggal 29
September 2012 via telepon. Dengan ini kami mengkonfirmasikan barang – barang
yang anda pesan dan syarat – syarat sebagai berikut :
6
unit setrika listrik merek National, Volt 220/450W @ Rp. 250.000 Rp.
1.500.000
5
unit lemari es merek Sharp, tipe/ukuran 12 feet 2 pintu @Rp.1.500.000 Rp.
7.500.000
Terbilang
: Sembilan Juta Rupiah
Pembayaran
: Cash Of Delivery
Penyerahan
: Franco
Setelah ditandatangani, lembar aslinya diseahkan
kepada kami.
Menyetujui,
Hormat
kami,
Pemesan
Eka Lilis Suhandayani
|
f.
Surat penolakan pesanan
Apabila terjadi pemesanan barang / jasa tidak dapat dipenuhi
oleh penjual karena ada suatu masalah, maka pihak penjual segera mengirimkan
surat penolakan pesanan, jangan sampai pemesan menunggu terlalu lama.
Perhatikan contoh surat penolakan pesanan sebagai berikut.
PT.
ISTINA LATIFATUL ILMI
Jalan
Diponegoro No 12 Surabaya
Telp.
(031) 34555443 Fax. (031) 34555444
Nomor
: 12 / ILI / VI / 2010
09 Juni 2010
Lamp. : 1 lembar
Yth.
Direktur PT Grafindo Mega Pratama
Jalan
Mawar No 10
Jakarta
Hal
: Pesanan Saudara No.: 36 / GMP / V /
2010
Dengan
hormat,
Kami
mengucapkan terima kasih atas pesanan Saudara tentang AC X13, Mesin Cuci
Cleaner, dan Televisi Sharp tertanggal 25 Mei 2010 melalui surat dengan nomor
tersebut diatas. Akan tetapi salah satu pesanan Saudara berupa AC X13 tidak
ada dalam persediaan kami. Untuk itu kami mohon maaf.
Namun,
jika Saudara berkenan dan tidak keberatan, kami sarankan Saudara mengganti pesanan
tersebut dengan AC MW22. Barang tersebut kualitasnya sama dengan AC X13 dan
harganyapun tidak jauh berbeda. Bersama ini kami juga lampirkan brosur dan
informasi-informasi lain mengenai AC tersebut.
Jika
Saudara menyetujuinya, kami berharap saudara memberitahukan kepada Kadiv
Pemasaran Bapak Irwanto. Dengan senang hati beliau akan segera mempersiapkan
barang tersebut.
Hormat
kami,
Istina
Latifatul Ilmi
Direktur
Utama
|
g.
Surat pengiriman pesanan
Surat pengiriman pesan adalah surat yang dikirim oleh penjual
yang isinya memberitahukan kepada pembeli bahwa surat pesanan sudah diterima.
Perhatikan contoh surat pengiriman pesana berikut.
PT. ELEKTRONIK MAJU
Jl. Buntu No. 202
JAKARTA
Telp. (0561)xxxxxx Fax. xxxxxx
=====================================================
10
Februari 2015
Nomor :
205/EM/VII/15
Lampiran : 1 lembar
Hal :
Pemberitahuan Pengiriman Barang
Kepada
CV. INGIN MAJU
Jalan Ketapang No.10a
Banda Aceh
Dengan hormat,
Sungguh merupakan suatu kebanggaan bagi kami atas kepercayaan Saudara
pada perusahaan kami. Pesanan Saudara pada tanggal 28 Desember 2014 Nomor:
255/IM/IV/2014 telah kami kirimkan pagi ini menggunakan kapal LAWIT EXPRES.
Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan mengenai pesanan Saudara, mohon
segera memberitahu kepada pihak kami.
Atas segala perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima
kasih.
Hormat kami,
IRWANSYAH, ST
Direktur
|
h.
Surat pengaduan / penuntutan
Surat pengaduan (klaim) adalah surat pemberitahuan untuk
penjual yang dibuat oleh pembeli mengenai ketidaksesuaian barang yang
diterimanya dengan barang yang dipesan dan disertai juga dengan tuntunan dan
penyelesaian. Perhatikan contoh surat pengaduan berikut.
TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
25 Maret 2015
Nomor :
35/IM/IV/2015
Hal
: Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp
: 1 (satu) lembar faktur
Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami
sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit
kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak
dapat dijual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami
menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon
Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan
faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian
persoalan tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima
kasih.
Hormat kami,
IKHSAN
Pemilik
|
i.
Surat pengiriman pembayaran
Surat pengiriman pembayaran adalah surat yang dibuat oleh
pembeli, untuk memberitahukan kepada penjual bahwa barang kiriman sudah
diterima dan pembayaran sudah dilakukan. Perhatikan contoh surat pengiriman
pembayaran berikut.
CV. INGIN JAYA
Jalan Melati No. 20a
Banda Aceh
Nomor : 75/IJ/V/2015 1
Mei 2015
Kepada
PT. NIAGA MAS
Jalan Mawar No. 36
Surabaya
Hal : Pengiriman Pembayaran
Lampiran
: Bukti Pengiriman Pembayaran
Dengan hormat,
Pada tanggal 27 April 2015, kami telah menerima
barang-barang pesanan kami berupa 5 Televisi dan 5 Kipas Angin dan setelah
kami cek, barang tersebut dalam keadaan baik.
Sesuai dengan persetujuan, sisa pembayaran sebesar
Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) telah kami kirimkan melalui Bank Mandiri
Cabang Surabaya, terlampir bukti pembayaran.
Atas perhatian dan pelayanan yang baik dari
saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami
Irfan Maulana
Bagian Keuangan
|
j.
Surat penagihan
Surat penagihan adalah surat yang dibuat oleh penjual kepada
pembeli berisi peringatan agar pembeli membayar utangnya yang sudah lewat dari
tanggal jatuh tempo atau tidak sesuai dengan perjanjian. Perhatikan contoh
surat penagihan berikut.
PT. USAHA MANDIRI
Jl. Soedirman No.18
Palembang
No. 105/UM/IX/12
03 Oktober 2012
PT. Usaha Tirta Jaya
Jl. Soekarno Hatta No 11
Palembang
Hal : pembayaran faktur
No.21/IX/12
Dengan
hormat,
Menurut catatan kami ternyata saudara belum
melunasi faktur kami No.21/IX/12, tanggal 04 September 2012, sebesar
Rp.1.500.000 (satu juta lima ratus), yang seharusnya saudara selesaikan
tanggal 01 Oktober 2012.
Mengingat pembayaran sudah lewat jangka waktu
pembayaran, besar harapan kami Saudara segera membayar faktur tersebut
melalui cabang BRI setempat.
Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Eka Lilis Suhandayani
Direktur
|
2.3.1
Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya
menyangkut kepentingan pribadi. Ada dua macam surat pribadi, yaitu:
a. Surat
pribadi yang bersifat kedinasan (setengah resmi)
Surat pribadi yang bersifat
kedinasan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada suatu
organisasi atau lembaga atau instansi yang isinya menyangkut masalah pribadi
dan kerja. Contohnya surat lamaran pekerjaan surat izin tidak masuk kerja, dan
surat izin tidak masuk sekolah.
b. Surat
pribadi yang bersifat kekeluargaan
Surat pribadi yang bersifat
kekeluargaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada
orang lain (kerabat atau teman) dan isinya biasanya bersifat kekeluargaan.
Contohnya surat dari anak kepada orang tuannya, surat dari sahabat, surat
undangan pernikahan, surat ucapan selamat, dan surat ucapan belasungkawa.
2.4
DASAR SURAT-MENYURAT
2.4.1
Ciri–Ciri Bahasa Surat
a. Jelas
Bahasa surat yang jelas maksudnya
tidak hanya mudah dimengerti tetapi harus terbebas dari salah tafsir atau
rancu, sehingga data-data yang dituangkan dalam surat sesuai dengan sasaran
yang diinginkan.
b. Lugas
Lugas artinya sederhana, praktis,
bersahaja (simpel). Jika diterapkan pada penulisan kalimat dalam surat, berarti
kalimat yang digunakan harus langsung menunjukkan persoalan atau permasalahan
yang pokok-pokok, tidak bertele-tele serta dapat mengungkapkan gagasan
secara tepat sesuai dengan maksud yang dikehendaki.
c. Menarik
dan Sopan
Bahasa yang menarik adalah bahasa
yang hidup, lugas, jelas, wajar, enak dibaca, tidak kaku, tidak menggunakan
kata-kata yang telah usang, dan tidak menggunakan kata makian yang dapat
menyinggung perasaan orang lain.
2.4.2
Penggunaan Tata Bahasa dalam Surat-Menyurat
a. Ejaan
1. Penulisan
huruf
Huruf kapital sebagai huruf pertama digunakan dalam penulisan berikut.
·
Nama gelar, pangkat, jabatan, dan
gelar akademis yang diikuti dengan nama orang
·
Nama bahasa, suku bangsa, dan
bangsa
·
Nama tahun, bulan, hari, dan
bangsa.
2. Penulisan
kata
Perhatikan penulisan kata-kata
berikut.
·
Kata dasar merupakan kata yang
berdiri sendiri.
·
Kata berimbuhan merupakan kata yang
mendapatkan awalan atau akhiran.
·
Kata ulang ditulis menggunakan
tanda hubung antara kata yang diulang.
·
Kata gabungan yang diapit oleh
imbuhan, maka penulisannya digabung.
·
Kata gabungan yang merupakan awalan
atau akhirannya saja ditulis terpisah, karena awalan dan akhirannya hanya
terdapat pada salah satu kata gabungan.
·
Kata majemuk penulisan dipisah jika
salah satu katanya tidak berdiri sendiri, dan digabung bila sudah dianggap satu
kata.
·
Kata depan di, ke, dan dari yang berfungsi menunjukkan nama
tempat atau arah, maka penulisannya dipisah.
·
Kata pun penulisannya dipisah dari kata yang mendahuluinya, kecuali pada
kata ungkapan tetap seperti meskipun, walaupun.
·
Kata bilangan dapat ditulis dengan
tiga cara.
·
Partikel per penulisannya dipisah dari kata yang mengikutinya.
3. Penulisan
unsur serapan
Penulisan unsur serapan dari bahasa
asing perlu diperhatikan ketetuannya.
b. Tanda
Baca
1. Tanda
titik
2. Tanda
koma
3. Tanda
titik dua
4. Tanda
garis miring
2.5
CURRICULUM VITAE
Daftar
riwayat hidup (curriculum vitae) adalah daftar yang memuat keterangan atau
informasi tentang si peramal. Apabila pihak perusahaan ingin mengetahui tentang
diri si pelamar, maka daftar riwayat hidup ini dapat membantu mereka. Daftar
riwayat hidup ini disertakan sebagai lampiran dalam membuat surat lamaran
kerja.
a. Komponen-komponen
penting pada daftar riwayat hidup
·
Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan identitas anda dengan
jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir,
Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat
Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).
Khusus untuk e-mail, sebaiknya anda
memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail,
Yahoo, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.
·
Pendidikan
Cantumkan pendidikan formal dan
pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun
lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari
pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal
(pelatihan, kursus, dsb).
·
Kemampuan
Uraikan secara singkat kemampuan
anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar
kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami
akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan
komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan
tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang
tidak anda miliki.
·
Pengalaman kerja
Cantumkan deskripsi singkat tentang
pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya,
jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan.
Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri
posisi tersebut. Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi)
terakhir.
·
Pengalaman Organisasi (bila ada)
Cantumkan pengalaman organisasi
yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar
tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.
·
Referensi Kerja (bila ada)
Bila memungkinkan, cantumkan
referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja
untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana
anda bekerja sebelumnya).
Penting : Dalam hal pencantuman
nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang
tersebut benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi
positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan
memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan
referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).
·
Pengalaman lain yang menunjang
(bila ada)
Cantumkan pengalaman lain yang
menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis
pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram
komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis,
tentunya tidak relevan.
b. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidup
·
Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya polos tidak
menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan
form CV yang dijual di toko-toko.
·
Diketik dengan huruf standar surat
resmi
CV jangan ditulis tangan, namun
diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya
font jenis Arial atau Times New Roman.
·
Foto terbaru
Lampirkan pas foto terbaru ukuran
3x4 atau 4x6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi
(misalkan jas lengkap dengan dasi).
·
Dokumen pendukung
Lampirkan dokumen atau bukti-bukti
tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip
nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam
bentuk photocopy). Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu
banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting
dan relevan untuk dilampirkan.
·
Cantumkan riwayat pendidikan
Sama seperti riwayat kerja, pendidikan Anda harus diurutkan sesuai waktu,
dimulai dengan tingkat pendidikan terakhir. Sebutkan studi di universitas,
pertukaran pelajar, atau pengalaman magang yang pernah Anda ikuti. Kalau Anda
lulus dengan sebuah titel, cantumkan jurusan sekaligus tanggal Anda meraih
titel itu. Kalau belum lulus, cukup sebutkan tahun-tahun Anda kuliah dan
tanggal kelulusan yang bisa Anda perkirakan.
·
Cantumkan penghargaan dan prestasi
Sebutkan penghargaan atau pengakuan khusus yang pernah Anda peroleh pada
bagian ini, lengkapi dengan nama, tanggal, dan tujuan penghargaan. Misalnya gelar
mahasiswa berprestasi, mungkin karena IPK yang tinggi saat Anda kuliah. Buatlah
diri Anda terdengar sukses dan pekerja keras dengan menambahkan sebanyak
mungkin penghargaan.
·
Cantumkan keahlian khusus
Bagian "penghargaan dan prestasi" harus sangat spesifik, tapi
bagian keahlian Anda sebaiknya lebih umum. Buat daftar singkat sifat dan
kepribadian Anda yang positif, yang membuat Anda jadi panutan orang lain.
Misalnya taat waktu, ramah, antusias, tekun, dan mampu bekerja dalam tim.
·
Cantumkan riwayat kerja
Karena bukan yang terkuat dari daftar riwayat hidup, bagian ini sebaiknya
Anda tempatkan paling akhir. Perekrut bisa membaca prestasi Anda yang memukau
terlebih dulu.
·
Cantumkan pengalaman bakti sosial
Kalau Anda telah mengikuti banyak bakti sosial, buat daftarnya di sini.
Sebutkan nama bakti sosial, tanggal Anda bekerja di sana, atau total jam yang
Anda luangkan, serta tanggung jawab Anda.
·
Berikan referensi
Informasi terakhir yang harus ada di daftar riwayat hidup Anda adalah 2-4
referensi profesional. Mereka adalah orang-orang yang tidak berhubungan dekat,
namun pernah bekerja sama secara profesional dengan Anda. Bisa berupa mantan
atasan, dosen, atau koordinator bakti sosial.
Perhatikan
contoh daftar riwayat hidup berikut ini :
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
Keterangan pribadi
Nama:
Annisa Pandanwangi
Jenis
Kelamin: Wanita
Alamat:
Kebon Nanas, Jakarta Timur
Tempat,
Tanggal Lahir: Depok, 26 Januari 1988
Status:
Menikah
Agama:
Islam
Phone:
081234567890
E-mail:
pandanwangi.annisa@gmail.com
Pendidikan Formal
2006
– 2010 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
2003
– 2006 : SMUN 4 Bekasi
2000
– 2003 : SLTPN 7 Bekasi
Pendidikan Nonformal
2014
Google Analytics Academy
2010
Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
1999
LIA English Course, General English Advanced Class
Pengalaman Kerja
November
2011 – April 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Mediacom sebagai
Digital Search
April
– September 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Interaction
sebagai Search Specialist
Oktober
2012 – Sekarang PT. Valala Mandiri pada Divisi SEM sebagai SEM Manager
Pengalaman Organisasi
2008
Ketua divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik
Informatika Y.A.I
2007
Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik
Informatika Y.A.I
Kemampuan
Mengerti
dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Windows XP, Personal Computer, Java
Script, C++, HTML
Mengerti
SEM (Search Engine Marketing) : Search, GDN, Youtube, Facebook Ads
Sertifikat
Search
Advertising Certificate, exp: Juli 2014
Google
Analytics Individual Qualification, exp: Desember 2014
Jakarta, 16 Januari 2009
Annisa Pandanwangi
BAB III
KESIMPULAN
Pada bagian ini
merupakan kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di atas. Jadi surat juga
masih penting untuk kita gunakan sebab dari semua arti, fungsi, dan lain-lain,
jelas surat masih dapat kita gunakan di jaman sekarang walaupun kita bisa
mempergunakan alat komunikasi yang ada agar tidak terlalu memakan waktu banyak,
apa salahnya kita bisa membudayakan alat komunikasi yang ada pada jaman dahulu
agar tidak punah pada masa sekarang .
Dan makalah tentang
CV ini dibuat, semoga dapat lebih memahami bentuk dan tulisan CV seperti apa
agar para pelamar kerja dapat menuliskannya dengan baik dan benar dan semoga
para pelamar kerja mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Karena CV adalah
gambaran diri, sediakan waktu sebaik-baiknya untuk menulis dengan jelas.
Manfaatkan pula untuk menjelaskan keunikan diri Anda yang membuat perbedaan
dengan orang lain .
DAFTAR PUSTAKA
http://www.anakui.com/2015/07/13/contoh-cv-lamaran-kerja-terbaru/#.Vo5wUGfzPRs
http://rinaayuningtyasputri.blogspot.co.id/2015/06/tugas-bahasa-indonesia-2-makalah.html#
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/
Post a Comment